HIPNOTHERAPY PART 6

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

*NOTULENSI KAJIAN ONLINE*
    ๐Ÿ‚๐ŸŒนAL IKHLAS ๐ŸŒน๐Ÿ‚

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

๐Ÿ“† hari/tgl : sabtu,18 maret 2017
๐Ÿ‘ณ๐Ÿป‍♀Narsum : Ustadz Novian
๐Ÿ“Tema     : HIPNOTERAPY PART 6.
๐Ÿ‘ฑ๐Ÿป‍♀Momod : ukhti Endah
✍๐ŸผNotulen : ukhti Nurlia

๐ŸŒธ๐ŸŒน๐ŸŒธ๐ŸŒน๐ŸŒธ๐ŸŒน๐ŸŒธ๐ŸŒน๐ŸŒธ๐ŸŒน

 ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุง๏ทฒِุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠู…
๐ŸŽค๐Ÿ˜Š

 ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ
 ุฅِู†َّ ุงู„ْุญَู…ْุฏَ ู„ِู„َّู‡ِ ู†َุญْู…َุฏُู‡ُ ูˆَู†َุณْุชَุนِูŠْู†ُู‡ُ ูˆَู†َุณْุชَุบْูِุฑُู‡ْ ูˆَู†َุณْุชَู‡ْุฏِูŠْู‡
ِ ูˆَู†َุนُูˆุฐُ ุจِุงู„ู„ู‡ِ ู…ِู†ْ ุดُุฑُูˆْุฑِ ุฃَู†ْูُุณِู†َุง ูˆَู…ِู†ْ ุณَูŠِّุฆَุงุชِ ุฃَุนْู…َุงู„ِู†َุง، ู…َู†ْ ูŠَู‡ْุฏِู‡ِ ุงู„ู„ู‡ُ ูَู„ุงَ ู…ُุถِู„َّ ู„َู‡ُ ูˆَู…َู†ْ ูŠُุถْู„ِู„ْ ูَู„ุงَ ู‡َุงุฏِูŠَ ู„َู‡ُ. ุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†ْ ู„ุงَ ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„ุงَّ ุงู„ู„ู‡ ูˆَุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†َّ ู…ُุญَู…َّุฏًุง ุนَุจْุฏُู‡ُ ูˆَุฑَุณُูˆْู„ُู‡ُ. ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ูˆَุณَู„ِّู…ْ ูˆَุจَุงุฑِูƒْ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِู‡ِ ูˆَุตَุญْุจِู‡ِ ูˆَู…َู†ِ ุงู‡ْุชَุฏَู‰ ุจِู‡ُุฏَุงู‡ُ ุฅِู„َู‰ ูŠَูˆْู…ِ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ.

~ Segala puji bagi Alloh, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Alloh dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita.
Barang siapa mendapat dari petunjuk Alloh maka tidak akan ada yg menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya.

~ Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Alloh dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya.

~ Ya Alloh, semoga do'a dan keselamatan tercurah pada Nabi Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.
๐Ÿ™‹๐Ÿป *_Ukhtifillah dan Umahatifillah_*
       *_Rohimakumullooh ...._*

Alhamdulillah .....
Segala puji bagi Alloh, yang telah memberi kita banyak kenikmatan...
Nikmat Islam, nikmat Iman, nikmat Sehat dan nikmat Kesempatan.

Sehingga .....
Kita dapat berkumpul kembali disini, di majelis ilmu yg mudah2an diridhoi-Nya.

Jazaakillaah khoiir atas kehadirannya *_Ustadz Novian ..._*

Semoga kabar Ustadz dan juga semuanya sehat selalu, Aamiin ....

Dan ....
Tema Kajian kita malam ini adalah:
*"HIPNOTHERAPY PART 6*

Semoga Kajian kita malam ini akan menambah Tsaqofah Islamiyah (Wawasan Keislaman) kita shg membuat kita terus bertaqorrub Ilalloh (membangun kedekatan/mendekat diri dgn Allah) dengan memperbanyak ibadah2 kita.

๐ŸŒน๐ŸŒฟ๐ŸŒน๐ŸŒฟ๐ŸŒน
Untuk mempersingkat waktu... Langsunv saja kita persilahka  kepada ustadz novian untuk memaparkan materi malam hari inj
Tafadhol ustad๐ŸŽ™

๐Ÿ‚๐ŸŽค๐Ÿ‚๐ŸŽค๐Ÿ‚
✍๐Ÿผkemarin kita bahas *meta model* ya???

๐Ÿ’ฌ Iya ustadz

✍๐Ÿผmalam ini kita bahas *framing*

๐Ÿ’ฌIya ustadz๐Ÿ™‡๐Ÿป‍♀

✍๐Ÿผ*meta model dan Framing* itu adalah salah satu bagian dari aplikasi NLP

btw ada yang sudah tahu tentang *NLP* ??
NLP (Neuro Linguistic Programming)
gak perlu ngulas NLP lagi ya he.he.he
kita langsung framing????
๐Ÿ’ฌBaik

✍๐ŸผSebelum masuk pembahasan , sya akan bercerita sedikit
✍๐Ÿผceritanya ini yang akan kita bahas ya
✍๐ŸผSambil duduk di pinggir sebuah jalan seorang anak kecil terlihat sedang menangis. Tangisan anak tersebut membuat begitu banyak perhatian beberapa orang yang lewat di sekitarnya, hingga ada seorang Ibu yang menghampirinya.
“Mengapa adik menangis?”, tanya Ibu tersebut.
Sambil berusaha menghentikan tangisannya, si anak menjawab, “Ceritanya begini , tadi aku punya uang 5.000. aku pengen jajan, trus aku jalan ngeliat abang abang tukang jual yoyo”

Anak itu menghentikan ceritanya sejenak untuk menghela nafas panjang.
“Terus, Dik?”, sahut Ibu itu.

Anak itu melanjutkan cerita : “Aku trus menghampiri abang itu untuk beli yoyo….. tiba tiba ada 3 anak yang lebih gede jalan cepat terus nyenggol aku dan aku jatuh.”

Seketika meledaklah lagi tangis si anak.
Dengan penuh rasa iba dan niat untuk membantu, Ibu itu mengatakan : “Sudahlah, Dik.. Jangan bersedih!.. coba tunjukan 3 anak itu biar Ibu tegur, pasti kamu sakit ya, jatuh ada yang luka ya…dimana??”

“Bukan.. bukan karena jatuhnya Bu”, sahut anak itu. Sambil menangis lebih keras…karena merasa Ibu itu berada dipihaknya.

Ibu itu pun menyahut : “Oh jadi mereka mengambil Uangmu…ini gak bisa dibiarkan…masih kecil sudah seperti itu” dengan geram Ibu itu berkata…

“ayo ikut Ibu…tunjukan dimana anak anak itu”

Anak itu sambil menangis berkata kembali “bukan itu Bu”””

“Lantas kalau bukan itu, mengapa kamu menangis di pinggir jalan seperti ini?’, tanya Ibu itu dengan rasa ingin tahu dengan nada geram
Anak itu pun menjawab : “Masalahnya adalah 3 kakak tadi beli semua yoyo di abang abang itu…jadi aku kehabisan” sambil terus menangis
Gimana menurut teman teman cerita diatas?

๐Ÿ’ฌSi Ibu menduga dari awal bahwa anak itu *dinakali* sama temannya *bener gak??*

✍๐Ÿผtetapi pada kenyataanya apakah benar *dinakali???*

๐Ÿ’ฌTidaakk...
๐Ÿ’ฌTernyata nangisx karna *ga kebagian yoyo*

✍๐Ÿผnah itu yang sering terjadi..... kita senantiasa senang melakukan asumsi asumsi kepada anak anak kita dengan cara pandang yang umum atau general
ini yang dinamakan *Framing*

✍๐Ÿผarti *FRAMING* dalam padanan kata yang terdapat pada kamus bahasa inggris yang berarti sebagai kerangka. Namun kerangka yang dimaksud adalah lebih berorientasi pada cara pandang yang terjadi dalam sebuah komunikasi antar individu.

ketika kta menghadapi sesuatu apa saja kita sudah punya sudut pandang sendiri
atau frame

nah masalahnya *frame* yang kita pake itu mendasari tindakan/ respon kita terhadap kejadian tersebut

kita pasti bisa memberi pendapat karena cerita itu yang mengalami bukan kita
bagaimana bila ternyata yang *menangis* keras dipinggir jalan adalah anak kita dan kita baru pulang kerja jam 4 sore melihat hal itu

inilah saat nya kita perlu ilmu *framing*
Framing atau membingkai sebuah kejadian yang kita alami dengan bingkai yang lain yang sudah biasa kita buat
biasanya kita mengatakan ini *positive thingking*
tapi dalam NLP...Framing dibedah lagi hingga detil sekali jadi saya rasa berbeda dengan Positive Thinking.
*Ada pengalaman saya pribadi tentang framing*
Anak sya yang nomor 8 usia 3 tahun punya kebiasaan kalau nangis lama sekali...mau dibujuk dengan berbagai cara tetap tidak mau diam..... istri pun sudah mulai ngoceh.... sambil terlihat wajah kesal dan marahnya....saya pun biasa memberikan framing *9 tahun lagi kamu akan merindukan tangisnya yang seperti ini* jadi nikmati saja karena 9 tahun itu cepat sekali
dan biasanya setelah itu istri terlihat turun amarahnya

karena ketika kita melihat dari sudut pandang yang lain maka respon kita terhadap suatu kejadian akan berubah

nah framing ini membutuhkan jeda untuk berpikir.... jadi bila melihat atau mengalami sebuah kejadian...usahakan jangan langsung bereaksi khususnya bila kejadian itu bukan kejadian yang bersifat darurat

kemarin kita bahas  bagaimana kita bereaksi terhadap suatu kejadian ya?????
 sy ulang sedikit ya

Sebuah kejadian akan di dicoding menjadi sebuah informasi kedalam otak kita....dalam perjalannya informasi ini butuh minimum 5 detik untuk sampai kebagian otak kita yang bernama *neo cortex* , neo cortex ini adalah bagian otak yang membuat kita berpikir logis dan kritis
dalam perjalanannya informasi itu akan melewati bagian dari otak yang bernama *amygdala* , bagian ini juga memproses informasi tetapi menggunakan emosi

jadi bila kita bereaksi terhadap sebuah kejadian kurang dari 5 detik, maka sudah pasti informasi itu sedang diproses oleh amygdala
kalau informasi diproses oleh amygdala sudah pasti bawaannya marah
nah setelah lewat 5 detik baru kita melakukan *framing* terhadap kejadian yang kita alami

contoh Bu .... bila anak kita menjatuhkan gelas terus kita bilang
1. Kamu kalau megang gelas pasti jatuh
2. Kamu hati hati kalau pegang gelas
kira kira emosi kita akan naik pada kalimat yang 1 atau 2?
๐Ÿ’ฌ1
๐Ÿ’ฌ2...
lihat Bu beda kalimat frame beda respon iya kan ya

๐Ÿ’ฌIya

✍๐Ÿผuntuk itu kita benar benar perlu menahan diri sebelum memberikan respon

agar proses informasi itu balance antara amygdala dan neo cortex

✍๐Ÿผ๐Ÿ˜€kalau sudah belajar besok *harus dipraktekkan* ya

๐Ÿ’ฌInsya Allah ustadz๐Ÿ˜ฌ

✍๐ŸผDalam melakukan *framing* NLP kita perlu mengumpulkan poin poin yang akan di framing.

✍๐Ÿผsekarng kita coba belajar framing ya
*suatu hari Guru anak kita di TK B memanggil kita, dan berkata...Bu anaknya sulit sekali konsentrasi dia gak bisa diam...dan sering mengganggu teman lainnya yang sedang beraktifitas....
*apa yang akan kita lakukan???

๐Ÿ’ฌEmosi ustadz

✍๐Ÿผkita perlu mengumpulkan poin poinnya dahulu
 1. sulit konsentrasi
2. gak bisa diam
3. suka ganggu temannya yang saat sedang aktifitas

✍๐ŸผKumpulkan dulu poin poinya : 1. sulit konsentrasi 2. gak bisa diam 3. suka ganggu temannya yang sedang aktifitas
framingnya *oh ternyata anak saya Pembelajar cepat dan aktif, dan tidak suka teori* .... alhamdulillah bisa tahu dari sejak dini....makasih ya Bu Guru

✍๐Ÿผmenurut teman teman ketika sudut pandang thd anak kita dirubah...apakah kita melihat anak kita bermasalah???
*yang melihat bermasalah adalah gurunya bener kan y?

๐Ÿ’ฌBener ustadz

✍๐Ÿผ*dalam framing perlu dianalisa poin poinnya lalu dilihat dari sudut pandang berbeda atau diframing lagi istilahnya.

ketika Ibu sudah mengubah *frame* didalam pikiran kita...insya Allah solusi akan dapat sendiri...krn *kita* yang mengenal anak kita lebih dari gurunya

✍๐Ÿผbener kan Ya??
aduan guru ke kita biarkan saja....kita perlu punya frame yg berbeda dengan guru
* karena  ingat  *laqod khalaqnal insana fii ahsani taqwim
* Allah gak mungkin  *salah*
*bener kan ya

๐Ÿ’ฌbingiiitzz
๐Ÿ’ฌartinya apa ustad?

✍๐ŸผSesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dengan bentuk yang sebaik-baiknya.(surah At Tin)
*jadi misalkan orang lain melihat anak kita bermasalah, karena dia belum melihat sudut lainnya

๐Ÿ’ฌBetuuul

✍๐Ÿผpernah dengar cerita 5 orang Buta ingin mengetahui spt apa itu gajah
✍๐Ÿผseperti cerita 5 orang buta ingin tahu tentang gajah... ketika yang satu pegang buntutnya *oh gajah ternyata kecil dan panjang* . yang satu pegang badanya *oh gajah ternyata besar dan bulat*. yang satu pegang kakinya *oh gajah ternyata spt batang ada 4 tegak dan keras*

karena mereka hanya melihat satu sisi

๐Ÿ’ฌ tanya tadz,

๐Ÿ™‹ Arum

tadz, untuk memiliki frame dan untuk sampai ke frame ini kan rada susah yaa, apakah ada tips? karena jujur saya kadang suka ga pikir panjang gitu, hanya liat dari satu sisi.
jadi bagaimana supaya kita bisa berfikir dari lain sudut pandang atau dari sisi lain dengan cepat, sehingga kita bisa mengantisipasi dan mengambil langkah yang tepat?

✍๐Ÿผsaya kasih cerita sedikit tentang pengalaman pribadi sy dengan *framing*

anak ke 5 sya bernama Nayla.... sekarang usianya 10 tahun... diusia 2 tahun tantrumnya dan nangisnya luar biasa bisa 1 jam lebih … Bundanya….kalau terkadang bicara *Huh kamu….bener bener capek nih bunda* smbil terdengar mau menangis krn sudah lelah …saya biasa menjauh agar tidak terbawa amygdalanya lalu saya *framing* dan bilang sama bunda..  anak punya keinginan yang kuat sekali.dan energy yang kuat  semenjak itu...setiap dia nangis ketika kami gagal mendiamkan... *kami nikmati suara tangisnya yang keras*... *kami nikmati barang yg dilempar dan dirusak*...

Dan seiring waktu itu ketika usia bertambah tantrumnya berkurang dan sekarang usia 10 tahun sudah bisa dihitung dalam 1 bulan (tetap masih ada)...dan sekarang dia jauh lebih dewasa dibannding kakaknya...dalam cara berpikir, krn ternyata dia belajar kecerdasan emosi lebih dini dibanding kakaknya ( framing )

Beberapa bulan lalu di depan umum dia ditanya tentang cita citanya...dengan mantap dia bilang ingin jadi wira usahawati

dan sekarang dia aktif jualan di kelasnya

uang jajannya selalu bertambah tiap minggu krn dia jualan terus๐Ÿ˜€ itu yang membuat saya rindu tantrumnya.... krn sekarang kaalu hari sabtu pengenya diajak pergi ke asemka kota untuk belanja..terkadang dia pinjam hp bundanya utk melihat peluang di youtube dia robek kasur busa bekas dan bereksperimen membuat *squisy* satu kasur habis dia buat eksperimen ... terkadang klu dia bicara tentang barang dagangannya *sy jadi rindu tantrumnya* ๐Ÿ™

dia saat ini anak 10 tahun yang gak suka ke Mall atau time zone sukanya ke asemka

✍๐Ÿผingat teman teman *framing* membuat respon kita berbeda

✍๐Ÿผmisal kan nih
 kalau anak gak mau salaman sama orang yang baru dia kenal kita langsung negur dia dan bilang gak sopan .... padahal kalau di framing *oh dia ternyata bukan orang yang bisa sembarangan bersalaman dengan banyak orang*

maka pasti respon atau tindakan kita akan sangat berbeda
*bener gak??

๐Ÿ’ฌBnr bngt
๐Ÿ’ฌUstad,kalau anak suka meniru temannya,padahal itu tidak baik,misal menjulurkan lidah kepada orang dewasa harus bagaimana?

✍๐Ÿผ *frame* berarti anak kita belajar lebih cepat melalui praktek

✍๐Ÿผsetelah frame itu ada pasti kita bicara ke anak kita akan berbeda dibanding dengan frame pertama *anak kita suka meniru temannya padahal itu tidak bagus*

๐Ÿ’ฌKalau anak yg suka mengalihkan pembicaraan saat sedang diajarkan sesuatu, apa framing yang tepat ustad?

✍๐Ÿผpoinya belum lengkap Bu amalia
*kita coba kasus ini ya
Misalkan anda punya anak usia 2 th suka tantrum(marah marah), minta maen kluar pdhl tengah hari bolong waktunya tidur, tidur dlm keadaan marah2 nnti bangun jg dg marah2 nangis lg, pokoknya mau nya semua minta dituruti.. Gmna cara framing nya?

kumpulkan poinnya dahulu:
 1. usia 2 tahun    2. tantrum.    3.Siang gak mau tidur     4. mau tidur marah marah   5. bangun marah marah    6. nangis

✍๐Ÿผbaru bisa dibuat framenya
yang baru
apa kira kira frame yang baru????

๐Ÿ’ฌWaktu tidur anak bukan pada siang hari๐Ÿ˜ƒ

✍๐Ÿผnah untuk berikutnya silahkan di *frame* anaknya masing masing yang mau kirim ke sy silahkan...cuma usahakan teman teman sudah buat poin poin dan frame barunya ya

๐Ÿ’ฌInsya Allah ustadz
๐Ÿ’ฌAnak umur 3 tahun sedang senang beli mainan kalau tidak dituruti nangis lama sampai orang tua tidak tega ๐Ÿ˜„

✍๐Ÿผbeli mainanya apa Bu? karena dia pasti punya pola

dan jumlah uang yang diminta berapa ? pasti punya pola
 setiap manusai punya pola๐Ÿ˜€
harus lengkap dahulu

๐Ÿ’ฌBola punya ustad,yang belum punya maunya dibeli kecuali boneka/robot takut

✍๐Ÿผtukang dagangnya pasti dekat situ

๐Ÿ’ฌIya ustad kakek kakek jadi kalau saya libur minta beli mainan tempat kakek kakek

๐Ÿ’ฌAnak perempuan 6 tahun kalau mau ibunya pulang kerja suka minta makanan dan kalau tidak dibawakan atau tidak dibelikan dia langsung nangis

✍๐Ÿผ sy ditegur admin Bu... nanti boleh dijapri untuk framing nya.. tpi sudah dibuat penjelasan dan poin2nya ya sama framenya  nanti sya coba bantu mem frame

๐Ÿ’ฌBaik ustad

✍๐Ÿผbtw disini ada yang belum punya buku saya ya *Rahasia Membentuk anak Shaleh pintar kaya*  promo dikit ya๐Ÿ˜€
yang belum punya dan mau punya silahkan japri

๐Ÿ’ฌBaik ustadz barakallah fiikum.
ditunggu sesi lanjutanya ya

✍๐Ÿผterima kasih.. semoga ilmunya bermanfaat... wassallam sy pamit ya

๐Ÿ’ฌJazakallah khoir ustadz ilmunya

๐ŸŒนAlhamdulillahi Rabbill alamin, Berakhir sudah kajian pada malam hari ini,

Jazakillah khoiron Ustadz atas ilmu yg sangat bermanfaat pada siang hari ini. Semoga apa yg telah Ustadz sampaikan bisa bermanfaat buat kita semua dan Allah limpahkan keberkahan buat Ustadz dan keluarga ๐Ÿ˜Š

Aamiin..

Mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan serta ketidaknyamanan pada siang ini. Semua itu adalah ketidaksempurnaan saya sebagai moderator

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

Mari kita tutup bersama-sama dengan ucapan hamdalah...

 Dilanjutkan Istighfar ...
Astaghfirullahal 'adziim 3x

Dan juga
 Do'a kafaratul majelis:

 ุณุจุญุงู†ูƒ ุงู„ู„ู‡ู… ูˆุจุญู…ุฏูƒ ุฃุดู‡ุฏ ุงู† ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุฃู†ุช ุฃุณุชุบูุฑูƒ ูˆุขุชูˆุจ ุฅู„ูŠูƒ

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika..

“Maha Suci Engkau ya Allah. dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu..aku memohon  dan bertaubat kepada Mu"..

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sandaran Hati

Ada Apa dengan Kista?